Jenis-jenis standart Jaringan Nirkabel

Jenis-jenis standart Jaringan Nirkabel

Posted by atep sobarudin on 07:46
Jaringan Wireless LAN atau Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan komputer area lokal  yang menggunakan gelombang  radio sebagai media tranmisinya, dan link terakhir yang digunakan adalah nirkabel untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.
Area  jaringan nirkabel tergantung dari kekuatan gelombang radio yang dipancarkan, semakin kuat sinyal yang dipancarkan maka jangkauan jaringanya pun akan semakin luas. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, namun dengan jaringan nirkabel kebutuhan akan media transmisi berupa kabel dipat di minimalisir penggunaanya.

IEEE802.11 adalah serangkaian spesifikasi kendali akses medium dan lapisan fisik untuk mengimplementasikan komunikasi komputer wireless local area network di frekuensi 2.4, 3.6, 5, dan 60 GHz. Mereka diciptakan dan dioperasikan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Versi dasar dirilis tahun 1997 dan telah melalui serangkaian pembaruan dan menyediakan dasar bagi produk jaringan nirkabel Wi-Fi.

1. IEEE 802.11a
Yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.

 2. IEEE 802.11b
Yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.

3. IEEE 802.11g
Yaitu standart jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.

 4. IEEE 802.11n
Yaitu standart jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan dikabarkan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.

Standar IEEE terbaru dalam kategori Wi-Fi adalah 802.11n. Ia dirancang untuk memperbaiki fitur 802.11g dalam jumlah bandwidth yang didukung dengan memanfaatkan beberapa sinyal nirkabel dan antena (disebut MIMO teknologi).

Ketika standar ini selesai, koneksi 802.11n harus mendukung kecepatan data yang lebih dari 100 Mbps. 802.11n juga menawarkan jangkauan yang lebih baik dari standar Wi-Fi sebelumnya karena intensitas sinyal meningkat. Peralatan 802.11n akan kompatibel dengan alat-alat 802.11g.

untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut:

Sebenarnya masih ada beberapa standar nirkabel lain, seperti IEEE 802.11j, 802.11h, 802.11p. Namun penggunaan standar tadi sangat terbatas, dan umummnya digunakan untuk aplikasi dan penggunaan khusus berkaitan dengan regulasi negara dan aplikasi komunikasi yang lebih spesifik. 

Jaringan Wireless umumnya bekerja berdasarkan salah satu topology konfigurasi baikjaringan Ad-Hoc maupun jaringan Infrastructure


Demikian  postingan jenis-jenis standart Jaringan Nirkabel yang bisa saya berikan mudah-mudahan bermanfaat dan jadi tambahan ilmu pengetahuan kita.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Antena, Fungsi, & Jenis

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-jenis Router Pengertian Access point